Sabtu, 16 Februari 2013

AI (Artificial Intelligence) dalam Dunia Pendidikan

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan  pemanfaatan mesin untuk memcahkan suatu persoalan yang rumit dengan cara manusiawi.
Ketika saya googling di google (iya lah, masa di yahoo.. -_-") tentang kecerdasan buatan dalam pendidikan, ternyata agak susah juga menemukan contohnya. 

Sampai akhirnya saya menemukan beberapa contoh dari kecerdasan buatan yang digunakan dalam pendidikan, yaitu Robot Pendidikan (Educational Robot) :
  • Rhino Robot XR-2 System.
  • Microbot.
  • Hero-1.
Ketiga robot tersebut digunakan untuk membantu dalam proses mengajar, pengenalan, dan simulasi dari operasi robot-robot industri. Jika ingin tahu bentuknya seperti apa silahkan di googling di google.. :D

Jika saya ditanya secara spontan apa ide yang ada di pikiran saya tentang kecerdasan buatan dalam pendidikan, saya akan menjawab "bingung..". Karena tentunya harus mencari ide terlebih dahulu.
Setelah beberapa lama memikirkan hal ini (saat duduk, saat jalan, saat melamun) akhirnya saya menemukan dua buah ide, yaitu :

Pertama :


Mungkin kalian masih ingat dengan sistem komputer yang bernama JARVIS dalam film Iron Man. Komputer tersebut dapat berinteraksi dengan penggunanya layaknya orang yang sedang mengobrol.

Nah, dari sini lah saya punya ide bagaimana jika dalam mata pelajaran Bahasa Inggris ada sebuah program yang dapat membantu siswa untuk melatih percakapannya dalam bahasa Inggris. Program ini saya beri nama "English Conversation Simulator" atau "Simulator Percakapan Bahasa Inggris".
"English Conversation Simulator"
 Kedua :


Ide saya yang kedua adalah "Digital Board" atau "Papan Tulis Digital". Dibantu dengan fitur voice recognition, touch screen, dsb, papan tulis ini dapat memudahkan guru dalam menjelaskan pelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa karena interaksi dan interface yang menarik. 

Misal, untuk menulis guru tidak perlu memakai alat tulis tetapi cukup berbicara saja dan secara otomatis apa yang dibicarakan akan tertulis pada papan tulis. Jika ingin menggambar sebuah objek, guru tinggal mengatakan objeknya apa lalu untuk mengubah bentuknya tinggal sentuh objeknya dan ubah sesuai keinginan. (khayalannya terlalu jauh ya?? tapi gak apa-apa deh.. :D)
"Digital Board"
Meskipun itu baru khayalan-khayalan semata, tapi tidak ada salahnya juga untuk berbagi.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar